Wednesday, November 22, 2017

CARA ENAK MAKAN SINGKONG


Singkong kadang-kadang dikonotasikan sebagai bahan pangan kelas rendah.  Anggapan ini muncul, misalnya di lirik lagunya Arie Wibowo (alm) yang bunyinya "...Aku anak singkong, kau anak keju....".  Maksudnya, anak singkong mewakili rakyat jelata kelas sandal jepit, sedangkan anak keju adalah representasi warga kelas atas alias orang kaya.  

Sebenarnya singkong tidak perlu mengalami underrate dan tidak layak diremehkan, karena bisa saja sekedar singkong rebus pun rasanya menyaingi steak dan pizza yang lagi ngehit di kafe tempat nongkrongnya anak gaul.  Caranya pun mudah untuk meracik singkong rebus yang ueenak binti nikmat membahana. Simak berikut, cekidot Bro...

Bahan-bahan:
- Singkong  1 kg
- Garam       1/2 sendok teh
- Air             2 gelas

Prosedur kerja
1. Kupas dan cuci singkong sampai bersih.  Kulitnya dibuang saja, jijay....
2. Masukkan singkong ke panci. Jangan dimasukkan ke termos, nggak muat....
3. Tambahkan air dan garam ke singkong dalam panci.  Lalu kompor dinyalakan, kalau tidak dinyalakan ya mentah terus, kapan matangnya...
4. Rebus singkong selama kira-kira setengah jam. Kalau singkong sudah retak/ merekah, matikan kompornya, jangan dibiarkan singkongnya sampai gosong mengerak.
5.  Nah, ini tahap paling penting: tunggu selama 8 jam.  Jangan makan atau minum apapun selama waktu itu.  Ingat, jangan makan atau minum apapun.
6. Setelah 8 jam dan rasa lapar mulai menyeruak dari perut, makanlah singkong rebus yang sudah dimasak secara sederhana tadi.

Dijamin, rasa enaknya sungguh nikmat tanpa pencitraan mengada-ada.

No comments: